Diklat Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM)

  • 5.00

Konsep pengelolaan pertambangan sumber daya mineral dan batubara yang modern saat ini adalah konsep yang harus memenuhi aspek efisiensi, efektifitas dan memberikan keuntungan yang ekonomis. Konsep tersebut telah disusun dalam suatu konsep yang dikenal dengan istilah Good Mining Practice, yang mana proses kegiatan pertambangan sudah sepatutnya dilaksanakan dengan baik dan benar serta mengikuti standar, norma dan peraturan yang berlaku sehingga diharapkan dapat mencapai tujuan pertambangan yang efektif dan efisien dalam rangka menciptakan optimasi pengusahaan pertambangan umum. Aspek-aspek yang terkait dengan Good Mining Practice meliputi: keekonomian usaha pertambangan, keselamatan pertambangan, terpeliharanya lingkungan serta peningkatan kesejahteraan rakyat utamanya masyarakat di sekitar lokasi tambang. Keseluruhan aspek tersebut harus dijalankan seimbang karena saling terkait dan mempengaruhi satu sama lain.

Rangkaian kata yang digaris bawahi tersebut merupakan salah satu faktor utama dalam memulai dan menjalankan kegiatan usaha pertambangan, karena sebelum badan usaha pertambangan selaku pemegang IUP dan IUPK (perusahaan) memulai kegiatan eksplorasi pasti akan berurusan dengan kompensasi lahan dan eksistensi masyarakat yang bermukim di daerah yang akan dijadikan project area kegiatan pertambangan. Untuk itu, perusahaan perlu memulai interaksi yang baik dengan komunitas masyarakat lokal tersebut, dengan harapan perusahaan akan memperoleh legitimasi sosial untuk mengusahakan kegiatan pertambangan. Untuk memperoleh legitimasi tersebut, perusahaan perlu melakukan pendekatan social (social approach) kepada masyarakat sekitar tambang baik melalui mekanisme tanggungjawab sosial perusahaan atau lebih dikenal dengan corporate social responsibility (CSR) maupun melalui Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) yang juga dikenal sebagai Community Development. Secara general hal tersebut akan mendukung pembangunan nasional yang berkesinambungan, dan sebagai upaya mewujudkan tujuan pengelolaan mineral dan batubara yang salah satunya adalah untuk meningkatkan pendapatan masyarakat lokal, daerah, dan negara, serta menciptakan lapangan kerja untuk sebesar-besar kesejahteraan rakyat

Informasi Diklat

  • CSR dan PPM Sektor Minerba + Praktik;
  • Pengelolaan PPM Berdasarkan Peraturan yang Berlaku + Praktik;
  • Resiko Sosial dan Mitigasi Konflik + Praktik;
  • Public Relation dan Komunikasi dalam PPM + Praktik;
  • Implementasi PPM di Bidang Pertambangan Minerba + Praktik
  • Widyaiswara Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral dan Batubara (PPSDM Geominerba);
  • Direktorat Pengusahaan Pembinaan Mineral;
  • Direktorat Pengusahaan Pembinaan Batubara

INFORMASI & PENDAFTARAN DIKLAT

Daftar Sekarang Download jadwal diklat