PT Saptaindra Sejati merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor pertambangan modern dengan menyediakan jasa pertambangan serta industri terkait di Kalimantan ini memiliki lebih dari 7200 karyawan dari berbagai keahlian.
Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral, dan Batubara (PPSDM Geominerba) sebagai salah satu institusi pemerintah yang bergerak di bidang pendidikan dan pelatihan sektor geologi, mineral, dan batubara menyelenggarakan In-House Training dan Uji Kompetensi Bagi Pengawas Operasional Pertama (POP) pada Pertambangan PT Saptaindra Sejati.
Pelatihan dan Uji Kompetensi ini merupakan hasil kerjasama antara PT Saptaindra Sejati (PT SIS) dengan PPSDM Geominerba kali ke-3 pada tahun 2023.
Kepala PPSDM Geominerba, Dwi Anggoro Ismukurnianto membuka secara resmi pelatihan bertempat di Gedung Diklat PPSDM Geominerba, Senin (31/7/2023). Didampingi oleh Koordinator Penyelenggaraan dan Pengelolaan Sarana Prasana Pengembangan Sumber Daya Manusia PPSDM Geominerba, Ade Hidayat.
Diklat ini digelar merujuk pada Peraturan Menteri ESDM Nomor 26 Tahun 2019. Peraturan ini mengamanahkan perusahaan pemegang IUP eksplorasi ataupun IUP operasi produksi wajib memiliki tenaga teknis pertambangan yang kompeten sesuai dengan Perundang-undangan.
Pada kesempatan kali ini, sebanyak 25 orang pegawai PT SIS mengikuti pelatihan selama empat hari (31 Juli – 3 Agustus 2023) yang diharapkan dapat memahami delapan aspek yang harus dikuasai sebagai seorang pengawas operasional pertama.
Delapan aspek dimaksud di antaranya melaksanakan peraturan perundang-undangan terkait keselamatan pertambangan, melaksanakan tugas dan tanggung jawab keselamatan pertambangan pada area yang menjadi tanggung jawabnya, juga melaksanakan pertemuan keselamatan pertambangan terencana kerja.
Selain itu, juga melaksanakan investigasi kecelakaan, melaksanakan identifikasi bahaya dan pengendalian risiko, melaksanakan peraturan perundang-undangan terkait perlindungan lingkungan, melaksanakan inspeksi, dan analisis keselamatan pekerjaan.