Detail Berita

Blog Single

Pahami Penyusunan Target PNBP SDA, Belasan ASN KESDM Ikut Pelatihannya

Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Kementerian ESDM terus meningkatkan kompetensinya melalui pelatihan yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral, dan Batubara (PPSDM Geominerba) yaitu Pelatihan Penyusunan Target Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Sumber Daya Alam (SDA) Batubara.
Pelatihan ini ditujukan untuk ASN di Lingkungan Kementerian ESDM agar memahami dengan baik tentang perencanaan, pengelolaan, dan pemantauan penerimaan negara yang berasal dari sektor batubara.
Sebanyak 15 peserta akan mengikuti pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari (5-7 Februari) secara online.
Peserta akan dibekali beberapa materi yang akan disampaikan oleh Tim Pengajar dari Direktorat Penerimaan Minerba seperti; Dasar Hukum PNBP Minerba, Kebijakan PNBP Minerba, Asumsi Dalam Penyusunan Target PNBP, Pengenaan PNBP SDA Batubara, Perhitungan PNBP, dan Penyetoran PNBP.
Tujuan penyusunan PNBP SDA Batubara adalah untuk memperoleh pendapatan bagi pemerintah dari sektor pertambangan batubara yang bukan berasal dari pajak serta untuk mendorong pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.
Dalam hal ini, PNBP SDA Batubara dapat dijadikan instrumen untuk mendorong perusahaan tambang batubara untuk beroperasi secara bertanggung jawab dan memperhatikan keberlanjutan sumber daya alam dan lingkungan hidup. (BSP)

Share this Post: