Detail Berita

Blog Single

PPSDM GEOMINERBA GELAR PELATIHAN PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PPM) DI WILAYAH PERTAMBANGAN ANGKATAN I

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Geologi, Mineral, dan Batubara (PPSDM Geominerba) sebagai salah satu institusi pemerintah yang membidangi pendidikan dan pelatihan di sektor geologi, mineral, dan batubara menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di Wilayah Pertambangan Angkatan I yang dilaksanakan di Gedung diklat PPSDM Geominerba.

Pelatihan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat PPSDM Geominerba diwakili oleh Kepala Bagian Umum Handoko Setiadji yang diikuti sebanyak 7 peserta dari berbagai perusahaan pertambangan di Indonesia selama lima hari (13 – 17 Mei 2024).

Selama mengikuti pelatihan tersebut, peserta akan dibekali materi meliputi: Pengantar CSR dan PPM Sektor Pertambangan Minerba,Penyusunan Rencana Induk Program PPM, Resiko Sosial dan Mitigasi Konflik dalam Kegiatan Pertambangan ,Interkorelasi antar pemangku kepentingan PPM, Peran Publik Relation dalam Minimalisasi Konflik Pada Kegiatan Pertambangan, Pengelolaan PPM Berdasarkan Peraturan yang Berlaku, Pengawasan Pelaksanaan PPM, Pemetaan Sosial Menggunakan Konsep PARA, Pengelolaan Lingkungan Public Relation dan Komunikasi dalam PPM.

Menurut Handoko pelatihan tersebut diselenggarakan dengan bertujuan untuk memberikan peserta pengetahuan mendalam, keterampilan teknis, dan pemahaman yang diperlukan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat lokal dalam mengelola sumber daya alam secara berkelanjutan, memperkuat kemandirian ekonomi mereka, serta meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan secara menyeluruh. (EP)

Share this Post: